Sang Ustad Muda, Santun, Menyejukkan yang kini Menjadi Pelayan Rakyat

Ustadz Syafril. Siapa yang tidak kenal dengan beliau di negeri berjulukan Kota Jalur ini. Di samping sebagai pengurus pondok pesantren, Syafril, ST juga sering juga berdakwah, keluar masuk desa dan perkotaan di seluruh penjuru pelosok Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Hal ini ia lakukan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan motivasi kepada para generasi muda, memberikan pencerahan untuk kepentingan umat.

Merajut cita-cita yang sejak bangku kuliah kala itu ia tancapkan dalam dirinya, yakni membangun masyarakat madani yang semaraknya selaras dengan nilai-nilai religius.

Ustadz Syafril, ST lahir di sebuah desa kecil bernama Petalongan, tepatnya di Kecamatan Pasir Penyu (Air Molek), Kabupaten Indragiri Hulu, pada tanggal 8 September 1984 silam. Syafril dibesarkan di tengah keluarga yang sangat sederhana.

Syafril yang merupakan anak ke-4 dari 7 bersaudara ini dari kecil sudah ditempa dalam menjalani perjuangan hidup yang tidak bisa dibilang mudah, semenjak ia duduk di bangku sekolah sampai sekarang sudah terbiasa hidup mandiri.

Ustadz Syafril begitu lazim didengungkan oleh masyarakat Kuansing saat memanggil namanya. Dirinya juga merupakan salah seorang tokoh kunci yang sukses mengangkat pamor Pondok Pesantren Syafa’aturrasul, salah satu pondok pesantren ternama di Kabupaten Kuantan Singingi.

Pondok Pesantren Syafa’aturrasul sebagai lembaga pendidikan Islam unggulan yang sejak hampir satu dasawarsa terakhir menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi.

Tidak semudah dibayangkan, menjadi Legislator atau duduk di Lembaga Legislatif (DPRD), akan tetapi harus melalui proses cukup panjang yang dilakukan oleh seorang Syafril, ST.

Dari seorang Ustadz, Syafril hijrah ke dunia politik yang ia geluti sejak tamat kuliah sampai Syafril dinobatkan sebagai Ketua DPD Partai berlambang Bulan Sabit dan Kapas di negeri Jalur ini.

Berangkat dari situ, seorang da’i Syafril, ST memutuskan untuk maju di Pemilihan Umum tahun 2019 silam, ia berlabuh di Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di bawah kepemimpinannya sendiri.

Tepatnya pada tanggal 17 April 2019 pagelaran pesta demokrasi pun dilangsungkan. Syafril, ST saat itu mencalonkan diri di Dapil 1 Kabupaten Kuantan Singingi yaitu Kecamatan Kuantan Tengah, Kecamatan Sentajo Raya, dan Kecamatan Benai.

Setelah pencoblosan selesai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun mengumumkan para Caleg yang berhasil duduk di Parlemen untuk Kabupaten Kuantan Singingi, Syafril, ST berhasil lolos ke DPRD Kuansing setelah memperoleh 3.503 suara dan menyingkirkan koleganya di Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Setelah pengucapan sumpah dan janji sebagai anggota DPRD, Syafril, ST dinobatkan sebagai Ketua BK (Badan Kehormatan) DPRD Kuansing dan Anggota Komisi 1 DPRD Kuansing.

Di balik hidupnya yang tampak sederhana, ayah empat anak ini memiliki motto hidup yang amat luhur, “Sebaik-baik kalian adalah yang paling banyak memberi manfaat untuk kehidupan manusia”. Sebuah prinsip yang selalu ia pegang dalam kesehariannya, baik sebagai masyarakat biasa, maupun dalam organisasi dan amanahnya sebagai anggota dewan.

Dan Syafril dengan lugas memproklamirkan niat hatinya, “Saya siap mengabdi demi kepentingan umat, tidak lain adalah untuk mewujudkan masyarakat  yang mampu bersaing dengan daerah lain, sejahtera dan berkeadilan sosial”.

Berikut profil singkat Syafril, ST:

Nama: Syafril
Tempat/Tgl Lahir: Petalongan, 8 September 1984
Agama: Islam
Status Perkawinan: Kawin
Nama Istri: Mardia Rosnila Ningsih, S. Pd
Jumlah anak: Empat (4)
1. Alifah Barizah Syam
2. Sharim fatahillah Syam
3. Aliyah Syaifanah Syam
4. Rania Diana Syam

Partai Politik: Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
Daerah Pemilihan: Dapil 1 (KuantanTengah, Sentajo Raya, dan Benai)
Alamat: Beringin Taluk, Kec. Kuantan Tengah.

Pendidikan Formal:
– SDN  : 009 Petalongan, Kec. Pasir Penyu, INHU
– SMPN 01 Pasir Penyu INHU
– MAN 1 Pekanbaru
– UIN SUSKA RIAU, Fakultas Sains dan Teknologi, Jurusan Teknik Industri.

Riwayat Organisasi: Ketua PKS Kab. Kuantan Singingi periode 2015 – 2020

Riwayat Pekerjaan:
1. Guru Ponpes Syafa’aturrasul Teluk Kuantan
2. Bendahara Ponpes Syafaaturrasul.
3. Bidang Pembangunan Ponpes Syafa’aturrasul.

Jabatan di DPRD Kuansing: Ketua Badan Kehormatan (BK)
Jabatan di Fraksi: Ketua Fraksi PKS HANURA
Jabatan di Pansus: Anggota Pansus Tatib
Jabatan di Komisi: Anggota Komisi 1

Sumber: https://riaurealita.com/news/detail/14880/profil-singkat-syafril-st-dai-yang-sukses-jadi-ketua-badan-kehormatan-dprd-kuansing