Sukses Gelar Lomba Baca Kitab Kuning V, Ketua DPD PKS: Kita Jaga Tradisi Baca Kitab Kuning dan Generasi Muda

Doc. Humas PKS Kuansing

Teluk Kuantan – Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kuantan Singingi (DPD PKS Kuansing) berhasil menyelenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) ke-V tingkat kabupaten tahun 2021 pada Ahad (21/11). Acara yang digelar di aula lantai 4 gedung Perpustakaan dan Kearsipan daerah ini sekaligus dalam rangka memperingati milad Fraksi PKS DPR RI, Maulid Nabi 1443 H, serta Hari Santri Nasional 2021.

Acara yang digelar mulai pukul 09.30 hingga sore, dihadiri oleh banyak peserta dan undangan. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kemenag Kuansing, Ketua Fraksi PKS DPRD Kuansing Syafril, ST. dan beberapa tamu undangan lainnya.

Ketua DPD PKS Kuansing, Syafril dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan lomba baca kitab kuning ini merupakan program unggulan Fraksi PKS yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya untuk menghidupkan kembali tradisi baca kitab kuning di pesantren-pesantren dan di masyarakat, sehingga generasi muda terus dibekali dengan ilmu agama seiring berkembangnya zaman.

“LBKK ini program unggulan Fraksi PKS yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya, untuk memotivasi generasi muda untuk mempelajari kita kuning sehingga tradisi baca kitab kuning tetap hidup di pesantren-pesantren dan generasi muda senantiasa dibekali ilmu agama,” ucap Syafril

Syafril yang juga ketua Fraksi PKS DPRD Kuansing, juga menambahkan selain LBKK PKS Kuansing juga menggelar Lomba Hafalan Qur’an (LHQ) surat Yasin secara daring.

“Selain LBKK kita juga menggelar Lomba Hafalan Qur’an surat Yasin secara online, peserta juara 1 LBKK dan LHQ nanti akan diutus ke tingkat Provinsi Riau” tutupnya.

Dari hasil penilaian Tim Dewan Juri, untuk lomba LBKK, pemenangĀ Juara 1 diraih oleh Harta Saputra (PP. KH. Ahmad Dahlan), Juara 2 Kevindo Sauli (PP. Syafa’aturrasul/PP. Al-Furqon Pku), dan Juara 3 Annisa Lathus Syarifah (PP. Daarul Mukhlasin Singhil) masing-masing mendapatkan uang pembinaan Juara 1 Rp. 2.500.000, Juara 2 Rp. 2.000.000, dan Juara 3 Rp. 1.500.000.

Untuk Lomba Hafalan Qur’an Surat Yasin pemenang Juara 1 Ahmad Danil, (PP. Syafa’aturrasul) Juara 2 Farid Hidayat (PP. Daarul Mukhlasin), Juara 3 M.Iqbal Rajasa (PP. Syafa’aturrasul), masing-masing mendapatkan uang pembinaan Rp. 700.000, Rp. 600.000, Rp. 500.000.

Sebelumnya Ketua Majelis Syuro PKS, Dr. Salim juga menyampaikan bahwa Lomba Baca Kitab Kuning yang rutin digelar oleh Fraksi PKS DPR RI merupakan sebuah inisiatif dalam sejarah parlemen Indonesia. Menurutnya, Lomba Baca Kitab Kuning merupakan bentuk penghormatan kepada para ulama dan santri, upaya untuk memotivasi anak bangsa untuk mencintai ilmu, serta semangat untuk mengokohkan nasionalisme Indonesia yang religius.

Baca Juga

PKS Kuansing Launching Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Desa Sukamaju Singingi Hilir

Ketua BPKK DPW PKS Riau Melakukan Gunting Pita dalam Peresmian Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Desa …